Sabtu, 4 Juli 2015 , Tim Memory Sports Indonesia bersama Record Holders Republic (RHR, www.recordholdersrepublic.co.uk ) akan kembali mencatatkan sejarah baru dalam dunia daya ingat. 15 anak yang telah dilatih untuk memecahkan rekor oleh Asosiasi Memory Sports Indonesia akan berusaha mencapai targetnya dalam rekor-rekor ini.

Preview_Poster_PemecahaNRekorDayaIngat

Selama satu bulan, peserta pemecahan rekor ini dilatih oleh Grandmaster Memory Yudi lesmana di Kantor Kepustakaan Populer Gramedia agar mampu mengalahkan rekor-rekor yang telah dicatatkan peserta dari Negara lain. Tiga rekor mengingat yang akan dipecahkan antara lain :

  1. Rekor Dunia Mengingat Urutan Warna Acak

Kurang lebih 200 urutan warna yang akan diacak oleh pengunjung acara dan diingat dalam waktu 5 menit oleh setiap kandidat pemecah rekor. Sebelumnya rekor serupa pernah dipegang oleh seorang berkebangsaan India dengan 152 urutan warna dalam waktu 5 menit dan 4 detik melalui rekor Guiness.

  1. Rekor Dunia Mengingat Urutan Passwords

Rekor mengingat passwords (6 karakter terdiri atas angka dan huruf) terbanyak dalam 5 menit merupakan rekor pertama yang akan dicatatkan di dunia. Rekor ini direncanakan akan dibuat dikisaran 20-30 password dalam waktu 5 menit.

  1. Rekor Dunia Mengingat Urutan Angka Biner

Angka Biner acak (1001010…) yang kerap dijadikan bahasa dalam program komputer ini akan diingat oleh kandidat pemecah rekor dunia dalam acara ini. Sebelumnya, rekor ini masih dipegang oleh seorang berkebangsaan Israel dengan jumlah ingatan 240 angka biner dalam waktu 1 menit berdasarkan data Record Holders Republic. Kandidat akan mengingat lebih dari 240 angka biner acak dalam waktu 1 menit.

Pengunjung acara ini akan diajak untuk mencoba mengingat jenis-jenis tantangan yang akan diberikan kepada kandidat pemecah rekor. Bahkan jika terdapat pengunjung yang dirasa mampu membuat rekor ini, dapat mengajukan namanya kepada panitia.

Sementara ini, 15 peserta kandidat yang akan memecahkan rekor ialah :

  1. Aisha Nadine S (11 Tahun)
  2. Aula Nadia Azzahra (9 Tahun)
  3. Fakhri Shafly Erlangga (14 Tahun)
  4. Fairuz Zahra Afiyah
  5. Fransiska Pusparini
  6. Ilmam Alif Maulafathin
  7. Jason Rudolf Pualilin
  8. Muhammad Hanifasyam Afifendra
  9. Marisa Novita
  10. Melinda Sista Pratita
  11. Muhammad Farhan
  12. Novia Asmalidar
  13. Shafa Annisa Rahmadani Arianata
  14. Yudha Hasya Ardana
  15. Zharifah Yumna

Berikut detail waktu dan tempat acara pemecahan rekor dunia ini :

Hari dan Tanggal        : Sabtu, 4 July 2015

Waktu                         : 13:00 – 17:00

Tempat                        : Gramedia Mall Central Park, Jakarta Barat

Berlaku sebagai juri dan panelis dalam acara ini ialah:

  1. Yudi Lesmana (Grandmaster of Memory, Ketua Asosiasi Memory Sports Indonesia, Penulis Buku Seri Memorizing Like an Elephant)
  2. Halim Sugiarto ( Vice President Record Holders Republic Indonesia)
  3. Sutanto Windura ( ThinkBuzan Licensed Instructor, Penulis Buku tentang Mind Mapping dan Percepatan Belajar)

Setiap pemecahan rekor akan dilakukan sebanyak dua kali percobaan dan mengambil nilai terbaik dari dua percobaan tersebut. Pengunjung yang dirasa mampu memecahkan rekor ini dapat mengikuti percobaan kedua dari setiap uji rekor ini.

Mohon doanya agar Putera-Puteri Indonesia mampu mencatatkan prestasi dunia di ajang ini. Jadilah saksi dalam pembuatan rekor dengan hadir dalam acara ini. Terima kasih dan salam memory.