20151123_085556

Slide ” Interpretasi Dalam Geowisata, Budi Brahmantyo, Sarasehan PAG, 23 Nov 2015 “

Mind Mapping cukup berperan penting dalam interpretasi geowisata. Dengan menggunakan mind mapping kita dapat menerjemahkan lokasi geowisata menjadi lebih runut, ilmiah dan menarik. Hal ini tentu menjadi wawasan baru bagi pengunjung lokasi geowisata dan nantinya akan menjadi output yang positif bagi perkembangan geowisata Indonesia.

Pada tulisan saya ini, saya akan mengulas lokasi geowisata Gunung Api Krakatau yang tentunya akan menarik sekali untuk dikunjungi  dan metode mind mapping berperan besar dalam pengembangan geowisata tersebut.

Tema besarnya ” Geowisata Gunung Api Laut Teraktif di Indonesia ”

20140615_093756Gambar : Gunung Anak Krakatau (taken by me, Juni, 2014)

Gunung Anak Krakatau merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Gunung ini menyimpan potensi geowisata yang tinggi terutama di bidang vulkanologi. Secara rona alam, gunung ini memiliki pemandangan sangat menarik untuk dijelajahi akan tetapi terkadang penyampaian informasi yang ada tidak tersampaikan dengan baik. Apakah papan informasi cukup mendiskripsikan itu semua?

IMG_20140615_092853

Gambar : Salah satu pemandangan Gunung Anak Krakatau yang bisa disampaikan secara ilmiah dengan metoda mind mapping

Bagi pengunjung yang expert tentunya bakal mencari tahu informasi lokasi geowisata ini melalui pencarian melalui bahan bacaan buku, majalah dan laman internet, akan tetapi hal ini tidak lazim terjadi bagi pengunjung awam yang hanya mengandalkan informasi dari guide atau ranger.

Pemahaman metode mind mapping diberikan kepada pengelola agen travel, guide ataupun ranger sehingga hasil pengamatan visual pengunjung dapat diwarnai dengan informasi yang lebih berwawasan ilmiah dan menarik. Dengan metoda mind mapping , kita dapat memberikan interpretasi yang lebih baik terkait :

  1. Sejarah Gunung Anak Krakatau,
  2. Proses vulkanologi,
  3. Cuaca sekitar
  4. Konsep cagar alam
  5. dan musim kunjungan

Krakatau

Mind mapping geowisata Gunung Api Anak Krakatau dapat menjadi  suatu konsep wawasan ilmiah yang baik bagi perkembangan geowisata populer dan tentunya dapat menjadikan Gunung Anak Krakatau  sebagai destinasi andalan bagi Provinsi Lampung, Indonesia.

file mind mapping bisa di akses  : https://atlas.mindmup.com/2015/12/201a653082420133b65f0398d418a0c4/geowisata_gunung_anak_krakatau/index.html

@arishms