Indonesia Friendly Memory Championship : Mengasah daya ingat lewat kompetisi

Rabu, 1 Juli 2015, Asosiasi Memory Sports Indonesia bersama Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) telah mengadakan kompetisi daya ingat yang diberi nama “Indonesia Friendly Memory Championship (IFMC)” di Gedung Kompas Gramedia lantai 5, Palmerah Barat, Jakarta. Kompetisi daya ingat yang mempertandingkan 5 disiplin memory sports ini dimenangkan oleh Shafa Annisa Rahmadani Arianata (10 tahun), siswi SDIT Darussalam Kutai Timur, Kalimantan Timur. Posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati oleh Fransiska Pusparini, karyawan salah satu perusahaan telekomunikasi dan Aisyah Dewi, perawat di salah satu rumah sakit di Jakarta.

6

Dari Kiri ke Kanan : Yudi Lesmana (Ketua Asosiasi), Shafa (Juara Umum), Fransiska (Juara ke-2), Aisyah (Juara ke-3), Agit (Arbiter Memory Sports)

Shafa yang berhasil unggul dari peserta lainnya, berhasil mengingat :

  1. 30 wajah dan nama dalam waktu 5 menit
  2. 152 urutan angka acak dalam waktu 5 menit
  3. 52 urutan kata acak dalam waktu 5 menit
  4. 20 kejadian dan tahun dalam waktu 5 menit, dan
  5. 52 urutan kartu remi dalam waktu 193 detik

Kelima disiplin memory sports ini adalah nomor yang lazimnya dipertandingkan dalam kompetisi daya ingat di berbagai negara. IFMC merupakan ajang pemanasan menuju Asia Memory Championship mendatang di Hongkong (Agustus) dan Indonesia International Memory Championship (Oktober) agar mental para atlit memory ini lebih siap dalam menghadapi kompetisi dengan level yang lebih besar lagi. Kompetisi ini akan diadakan secara bergelombang dengan grup-grup kecil maksimal 25 orang untuk lebih mengakrabkan hubungan pertemanan antar sesama peserta

Asosiasi Memory Sports Indonesia sendiri sudah mengirimkan belasan anak untuk berkompetisi memory sports di berbagai negara sejak tahun 2013 antara lain ke Hongkong, Jepang, Filipina , China, dan Singapore dan telah berpengalaman berkompetisi di 7 kejuaraan internasional termasuk World Memory Champinonshi 2012-2014 ( tuan rumah Inggris dan China). Bahkan sabtu ini pada 4 Juli 2015, Tim Memory Sports Indonesia akan membuat “Pemecahan Tiga Rekor Dunia Mengingat” bersama Record Holders Republic di Gramedial Mall Central Park , Jakarta Barat, tepat pukul 13:00 hingga 17:00 (http://www.ingatangajah.com/pembuatan-dan-pemecahan-rekor-mengingat-dunia ).

Berikut Hasil Lengkap Indonesia Friendly Memory Championship Gelombang 1 :

Juara Umum :

  1. Shafa Annisa R. A
  2. Fransiska Pusparini
  3. Aisyah Dewi L.

1

Kiri ke kanan : Yudi, Shafa, Fransiska, Aisyah Dewi

Juara Kategori Dewasa :

  1. Fransiska Pusparini
  2. Aisyah Dewi L.
  3. Arisman Wijaya

2

Kiri ke kanan : Fransiska Pusparini, Aisyah Dewi L., Arisman W., Yudi

Juara Kategori Remaja :

  1. Yudha Hasya Ardana
  2. Marissa Novita
  3. Jason Rudolf Pualillin

3

Kiri ke kanan : Yudha Hasya, Marissa N., Jason R., Yudi

Juara Kategori Anak-Anak :

  1. Shafa Annisa R.A
  2. Hanifasyam A.
  3. Aulia Nadia Azzahra

4

Kiri ke kanan : Shafa, M. Hanifasyam, Aulia Nadia, Yudi

Suasana Kompetisi

5

7

2 Comments
  1. Pingback: Indonesia Memory Sports Council | 2nd Indonesia Friendly Memory Championship 2016 (Mini Local Memory Championship)

  2. Pingback: 3rd Indonesia Friendly Memory Championship 2016 – Indonesia Memory Sport Council

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *