HASIL KEJUARAAN

IMC 2014 : Lahirnya Juara Pengingat Pertama di Indonesia

Indonesia Memory Championship (IMC) telah selesai diselenggarakan pada 1 November 2014 oleh Asosiasi Memory Sports Indonesia bersama World Memory Sports Council (WMSC) bertempat di Ballroom Kompas Gramedia lt.7, Palmerah Barat, Jakarta. Keluar sebagai Juara umum IMC 2014, Fakhri Shafly Erlangga (14 tahun ) asal Jakarta yang mengumpulkan total nilai 3848.

pic1

Tiga Pemenang Utama IMC 2014 Mendapatkan Hadiah Perjalanan ke China, kiri ke kanan : Louise Pessireron (manajemen PT. Kaltim Prima Coal), Fakhri (14 tahun), Qonita (16 tahun), M.Dzakiendra (11 tahun), GM Yudi Lesmana (Ketua Panitia IMC 2014), GM Andy Fong (World Memory Sports Council)

Pada kompetisi yang mempertandingkan 10 disiplin daya ingat ini terdapat tiga kategori peserta yang mengikuti yaitu kids (12 tahun atau di bawahnya), junior (13-17 tahun) dan adult (18-59 tahun). Sebanyak 42 peserta mempertunjukkan kemampuan mengingatnya dalam 10 bidang yaitu :

  1. 5 Min Names and Faces

Mengingat sebanyak-banyaknya wajah dan nama dalam waktu 5 menit.

  1. 5 Min Binary Numbers

Mengingat sebanyak-banyaknya digit angka binary acak (11001011…) dalam waktu 5 menit.

  1. 15 Min Random Numbers

Mengingat sebanyak-banyaknya digit angka acak (373628201…) dalam waktu 15 menit.

  1. 15 Min Abstract Images

Mengingat urutan gambar abstrak dalam waktu 15 menit.

  1. Speed Numbers

Mengingat sebanyak-banyaknya digit angka acak dalam waktu 5   menit (dua kali percobaan, hasil terbaik yang akan diambil).

  1. Historic/Future Dates

Mengingat sebanyak-banyaknya tanggal/tahun suatu peristiwa fiktif dalam waktu 5 menit.

  1. 10 Min Playing Cards

Mengingat urutan kartu remi yang telah dikocok sebanyak-banyaknya dalam waktu 10 menit.

  1. 5 Min Random Words

Mengingat sebanyak-banyaknya urutan kata/benda acak dalam waktu 5 menit.

  1. Spoken Numbers

Mengingat digit angka acak yang disebutkan dengan interval 1 detik per 1 angka sebanyak 100 angka dan 300 angka ( dua kali percobaan).

  1. Speed Cards

Mengingat 1 deck urutan kartu remi yang telah dikocok secepatnya dalam waktu kurang dari 5 menit.

pic2

Suasana Kompetisi IMC 2014

Fakhri keluar sebagai Juara umum dengan mencatat pencapaian luar biasa dengan mengingat 576 digit angka binary acak dalam 5 menit, 52 kata acak dalam 5 menit,  menyelesaikan nomor speed cards dalam waktu 63 detik, mengingat 29 kejadian beserta tahun dalam 5 menit, dan 6 pencapaian lainnya. Menempati posisi ke-2 , Qonita (16 tahun) asal sangatta, Kalimantan Timur dengan total Nilai 2833 disusul Dominic Brian (18 tahun) dari Bali dengan total nilai 2772.

Selain juara umum, kompetisi ini juga memiliki juara di masing-masing kategori (kids, junior, dan adult) dan juara di masing-masing disiplin daya ingat. Berikut siapa saja yang berhasil meraih prestasi gemilang di ajang uji daya ingat ini :

 

Top 3 Overall Position :

Juara Umum  : Fakhri Shafly (Jakarta)

Runner up       : Qonita Fitriannisa R (Sangatta, Kaltim)

2nd Runner up : Dominic Brian (Bali)

Kategori Adult/Dewasa:

Juara 1 : Dominic Brian (Bali)

Juara 2 : Wicaksono Adi (Bogor)

Juara 3 : Fransiska P ( Jakarta)

 Kategori Junior :

Juara 1 : Fakhri Shafly (Jakarta)

Juara 2 : Qonita Fitriannisa R. (Sangatta, Kaltim)

Juara 3 : Salwa A. Azzahrah (Sangatta, Kaltim)

 Kategori Kids :

Juara 1 : M. Dzakiendra (Sangatta, Kaltim)

Juara 2 : Shafa Annisa A (Sangatta, Kaltim)

Juara 3 : Aisha Nadine (Sangatta, Kaltim)

Indonesia Memory Championship diselenggarakan dengan tujuan mengkampanyekan teknik mengingat dan memory sports di Indonesia sebagai sarana percepatan belajar masyarakat Indonesia. Kompetisi seperti ini sudah diadakan sejak tahun 1991 yang dipelopori Tony Buzan ( pencipta Mind Map ) dan Grandmaster catur Raymond Keen OBE di Inggris. Dari tahun ke tahun olahraga otak ini semakin berkembang di beberapa negara, tercatat sudah 44 negara yang mengikuti kompetisi seperti ini dan setiap tahunnya diselenggarakan World Memory Championship dimana pada 7-14 Desember ini China menjadi tuan rumah kejuaraan dunia mengingat.

 

Pembukaan

Acara Indonesia Memory Championship 2014 dibuka oleh dua perwakilan sponsor yaitu PT. Kaltim Prima Coal dan PT. Kompas Gramedia serta perwakilan Badan Memory Sports Dunia, WMSC, Andy Fong. Hadiah dari kompetisi ini diberikan oleh PT. Kaltim Prima Coal yang sejak dari tahun 2012 mendukung perkembangan memory sports di Kalimantan Timur dan Indonesia. Media Partner yang mendukung kegiatan ini ialah RTV (Rajawali TV) yang mengedepankan tayangan pendidikan dan ANTV yang sejak awal membantu publikasi memory sport di Indonesia.

 pic3

Kiri ke Kanan : Louise Pessireron (PT. KPC), Yudi Lesmana (Ketua Panitia), Andy Fong (WMSC), Christina Udiani (Kompas Gramedia)

Hadiah

Pemenang utama dari kejuaraan ini mendapatkan grand prize berupa perjalanan ke Hainan, China dari tanggal 7-14 Desember 2014 dan mewakili Indonesia pada ajang World Memory Championship yang ke-23 di negara tersebut.

Peserta yang mendapatkan kesempatan ini terdiri atas 2 orang dengan nilai tertinggi di IMC 2014, serta 1 orang peserta kategori kids dengan nilai tertinggi. Mereka adalah Fakhri Shafly (14 tahun), Qonita Fitriannisa (16 tahun), dan M.Dzakiendra (11 tahun). Sedangkan untuk juara umum 1, 2, dan 3, selain sertifikat penghargaan dari Tony Buzan, masing-masing mendapatkan uang tunai 3 juta, 2 juta, dan 1 juta rupiah.

pic4

Juara umum 1, 2, dan 3 IMC 2014, kiri-kanan : Fakhri Shafly , Qonita, Dominic Brian

Sertifikasi

Dengan hadirnya dua orang arbiter memory sports level 4, Andy Fong dan Angel Lai, yang merupakan perwakilan World Memory Sports Council, maka Indonesia Memory Championship juga menjadi ajang sertifikasi arbiter memory sports level 1. Tercatat 30 orang yang mengikuti sertifikasi level 1 ini. Arbiter memiliki tugas dalam memeriksa dan mempersiapkan soal dan jawaban dari uji daya ingat serta menjaga kode etik dalam pertandingan memory sports

pic5

Foto Bersama Arbiter Level 1 Memory Sports IMC 2014

@arishms @yudilesmana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *