Japan Open Memory Championship

Tokyo Friendly Open Memory Championship telah selesai diselenggarakan pada 4-5 Mei 2014 bertempat di Bunkyo Civichall Lt.26 di Tokyo, Jepang. Kompetisi adu cepat dan tepat dalam mengingat ini diikuti tujuh perwakilan Negara termasuk tuan rumah Jepang, yaitu : Indonesia, Malaysia, Singapore, Filipin, Swedia, dan Korea Selatan. Kompetisi berlangsung selama dua hari ini mempertandingkan 10 nomor dan tiga kategori (kids, junior, dan adult). 10 pertandingan yang diujikan antara lain :

  1. 5 menit mengingat wajah dan nama
  2. 5 menit mengingat urutan kata acak
  3. 5 menit mengingat urutan angka acak
  4. 5 menit mengingat urutan angka binary acak
  5. 5 menit mengingat tanggal dan kejadian
  6. 10 menit mengingat urutan kartu remi yang telah dikocok
  7. 15 menit mengingat urutan gambar abstrak
  8. 15 menit mengingat urutan angka acak
  9. mengingat urutan angka acak yang diucapkan dengan interval 1 detik, dan
  10. mengingat secepat-cepatnya 1 deck kartu remi (52 kartu) yang telah dikocok

Kompetisi tingkat regional terbuka di Jepang ini berhasil dimenangkan oleh ketua tim Indonesia, Grandmaster Memory Yudi Lesmana. Yudi berhasil mengalahkan kompetitor dari tuan rumah Jepang yang harus puas berada di posisi 2 dan 3 yaitu Grandmaster Memory Yoshihiro Ikeda dan Motoro Ohno.

Foto Yudi Lesmana (baju kuning) bersama Ketua Panitia Takeru Aoki

Yudi berhasil meraih nilai tertinggi di 6 nomor pertandingan yaitu mengingat kata acak (64 kata), mengingat tanggal dan kejadian (35 kejadian), mengingat urutan kartu remi yang dikocok dalam waktu 10 menit (234 kartu), mengingat gambar abstrak (158 gambar), mengingat angka acak dalam 15 menit (400 angka), dan mengingat 1 urutan 1 deck kartu dalam waktu 56 detik. Dengan hasil ini, secara automatis perolehan nilai Indonesia sulit dikejar oleh kompetitor dari Negara lain.

Untuk kategori anak-anak (kids), dimenangkan oleh kompetitor filipin yaitu Romel Landicho dan diikuti peserta dari  Indonesia yang berhasil mendapat Juara 2 dan 3 lewat Shafa Annisa (siswi kelas IV SD Darussalam, Sangatta) dan M.Dzakiendra Ammar (siswa kelas V SD YPPSB3, Sangatta).

Selain Shafa dan Dzakiendra, turut ikut dalam kontingen Aisha Nadine (siswi kelas IV SD Darussalam, Sangatta) dan M. Hanifasyam Afifendra (siswa kelas III SD YPPSB3, Sangatta) yang masing-masing berada di posisi 4 dan 6 di kategori anak-anak.

Kemenangan ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi Tim yang telah dipersiapkan selama 2 bulan. Kompetisi di Jepang ini adalah awal dari 4 kompetisi berikutnya yang akan diikuti Tim Indonesia beberapa bulan ke depan yaitu di Filipin Open, Australia Open, Hongkong Open, dan Kejuaraan dunia di China pada Bulan Desember nanti.

Foto Tim Olimpiade Memory Indonesia

Persiapan Tim Indonesia sendiri dimulai dari daerah Kutai Timur, Kalimantan Timur dimana PT. Kaltim Prima Coal (KPC) sebagai sponsor utama keberangkatan tim, beroperasi di daerah ini. Seleksi tim akan terus berkembang ke kota-kota lain di Indonesia untuk mencari sebanyak-banyaknya anak Indonesia yang memiliki potensi daya ingat yang luar biasa untuk dilatih secara intensif.

Berikut peraihan 10 besar Japan Friendly Open Memory Championship:

Peringkat Nama Negara
1 Yudi Lesmana Indonesia
2 Yoshihiro Ikeda Japan
3 Motoro Ohno Japan
4 Miguel Iseah Landicho Philippine
5 Mary Sharmaine D. Dianquinay Philippine
6 Yanjindulam Altansuh Sweden
7 Anne Bernadette D. Bonita Philippine
8 Tomoyuki Nakata Japan
9 Rommel Landicho Jr. Philippine
10 Wellon Chou Singapore