Uji Memory di The 6th Indonesia Friendly Memory Championship 2017

Final Results 6th IFMC

Indonesia Memory Sports Council (IMSC) bekerja sama dengan Ikatan Neuroscience Terapan Indonesia dan Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FK- Universitas Indonesia telah menyelesaikan 6th Indonesia Friendly Memory Championship (IFMC)  pada 9 September 2017 di Auditorium IMERI FK UI, Salemba Jakarta Pusat.

Foto Bersama Peserta 6 IFMC

Keluar sebagai Juara Umum, Aisha Nadine Sharika, siswi SMP Sinar Cendikia, Serpong, Tangerang. Nadine berhasil mengingat  86 kata dan 130 angka acak sesuai dengan urutan yang diberikan dalam waktu masing-masing 5 menit. Selain itu ia juga mampu mengingat 1 deck kartu yang telah dikocok dalam waktu 1 menit 53 detik. Juara Overall ke-2 dari kejuaraan ini adalah Fathimah Aiko dari SMP Salman Alfarisi, Bandung diikuti Salma Yuwani, siswi SMAN 1, Depok diposisi ke-3.

Foto Juara Umum Bersama Pengurus IMSC: kiri ke kanan, Yudi Lesmana (Ketum IMSC), Aisha Nadine, Fathimah Aiko, Salma Yuwani, dan Bey Sapta (Pembina IMSC)

Selain juara umum sebagai peraih total poin terbesar, 6th IFMC juga memiliki juara per kategori umur, yaitu kategori Adult (18-59 tahun), Junior (13-17 tahun), dan Kids (<12 tahun). Daftar para pemenang dapat dilihat pada grafis dibawah ini:

Untuk melihat seluruh nilai peserta IFMC silahkan klik tombol final results dibawah ini :

Full Result 6th IFMC 2017

* menandakan pemenang IFMC sebelumnya yang dapat ikut pada 6th IFMC namun tidak boleh kembali menjadi juara di event ini untuk meregenerasi peserta-peserta baru

Peraih Memory Practicioner Certificate : AMSA MP Certificate List and Requirement

Rekaman Streaming Video saat kompetisi :

Rekaman Streaming Video saat Award Giving :

Kompetisi persahabatan dalam bidang daya ingat dan konsentrasi ini diperuntukkan bagi masyarakat umum dan  para pemula yang ingin mendalami teknik-teknik memori.

Kategori umur yang bertanding dalam kejuaraan ini dibagi menjadi:

  • 8-12 tahun (kategori anak-anak)
  • 13-17 tahun (kategori remaja)
  • 18- 59 tahun (kategori dewasa)
  • > 59 tahun (kategori senior)

Uji daya ingat dalam IFMC kali ini juga sangat spesial karena selain didukung oleh Fakultas Kedokteran UI, peserta juga dapat mengambil sertifikasi internasional “Memory Practicioner” (MP) dari Asia Memory Sports Council -AMSC.

6th IFMC kali ini hanya akan mempertandingkan 3 nomor, yaitu :

  1. Speed Numbers, Memo time: 5 min
  2. Random Words, Memo time: 5 min
  3. Speed Cards, Memo time: 5 min

Ditambah 1 surprise event!

Peserta yang berhasil memenuhi kualifikasi Memory Practicioner akan mendapatkan International Certificate dari AMSC. Pemenang setiap nomor dan kategori akan mendapatkan medali dan sertifikat. Khusus Pemenang Overall akan mendapatkan Piala, Sertifikat, dan Total Uang Tunai Jutaan Rupiah!

Penjelasan Nomor Pertandingan

1. Speed Numbers (5 Menit)

Peserta akan mengingat sebanyak-banyaknya urutan angka acak dalam waktu 5 menit. Setiap baris angka yang disajikan berisi 40 angka acak dari 0-9. Setelah mengingat peserta akan diberi lembar jawaban yang terdiri atas 40 angka setiap barisnya,  akan ada 10 baris setiap lembarnya. Waktu yang diberikan untuk menuliskan jawaban adalah 15 menit.

Penilaian: Setiap baris yang benar akan diberi poin 40, jika terdapat salah di salah satu angka pada baris tersebut walaupun 39 angka yang lainnya benar, akan diberi poin 20, dan  jika terdapat salah di dua angka walaupun 38 angka lainnya benar pada baris tersebut, akan diberi poin 0. Pemenang tidak perlu mengingat seluruh angka, score tertinggi adalah pemenang dalam cabang ini

2. Random Words (5 Menit)

Peserta akan mengingat sebanyak-banyaknya urutan kata acak dalam waktu 5 menit. Setiap kolom kata yang disajikan berisi 20 kata acak. Setelah mengingat peserta akan diberi lembar jawaban yang terdiri atas 20 kata setiap kolomnya, akan ada 5 kolom setiap lembarnya.. Waktu yang diberikan untuk menuliskan jawaban adalah 15 menit.

Penilaian: Setiap kolom yang benar akan diberi poin 20, jika terdapat salah di salah satu kata pada kolom tersebut walaupun 19 kata lainnya benar, akan diberi poin 10, dan , jika terdapat salah di dua kata pada kolom tersebut walaupun 18 lainnya benar, akan diberi poin 0. Pemenang tidak perlu mengingat seluruh kata, score tertinggi adalah pemenang dalam cabang ini.

3. Speed Cards (Max 5 Menit)

Peserta akan mengingat sebanyak-banyaknya urutan 1 deck kartu remi yang telah dikocok (1 deck terdapat 52 kartu, Joker tidak termasuk) dalam waktu maksimal 5 menit. Peserta akan menyusun ulang kartu yang telah diingat tersebut menggunakan tumpukan kartu baru yang belum dikocok dalam waktu 5 menit.

Penilaian: Peserta dengan jumlah kartu terbanyak yang berhasil di recall dengan benar akan menjadi pemenang. Jika jumlah kartu yang benar sama, maka peserta dengan waktu mengingat tercepat yang akan dipilih sebagai pemenang.

————————————————————————————————

Jadwal dan Lokasi 6th IFMC

6th IFMC akan diadakan pada :

Hari/tanggal     : Sabtu, 9 September 2017

Pukul                  : 09:00 – 12:00

Tempat        : Gedung Auditorium IMERI Fakultas Kedokteran UI Lt.3, Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat

Untuk mendaftar, silahkan kirim WA/SMS dengan Format : 6IFMC_ Nama Lengkap_ Tanggal & tahun lahir_asal sekolah_asal daerah , (contoh : Tian_2 nov 2004_SMPN1_Jakarta), kirim ke :

  • Danu: 0812 8942 7744
  • Ana: 0882 1001 6231

PS: peserta didik SMC di Jakarta, BSD, Bekasi, dan Bandung dapat mendaftar melalui pengajar di masing-masing training point.

Biaya : Rp. 160.000/peserta

Pembayaran ke Rekening :

Bank BRI 0563-01-000115-56-8 a/n Asosiasi Memory Sports Indonesia

Bank BJB 0006777888999 a/n Indonesia Memory Sports Council

Mohon mengirimkan bukti pembayaran ke salah satu nomor hp diatas atau email ke info@ingatangajah.com. Pengguna Debit/Credit Card dengan langsung datang ke kantor kami di: 88 Office @ Kasablanka Tower A lt. 7E (IMSC), Jl. Raya Kasablanka Kav.88, Jaksel.

Ayo segera daftarkan diri Anda! Tempat terbatas hanya untuk 100 peserta. Pendaftaran ditutup pada 4 September 2017.

Acara ini dalam rangka menyambut World Memory Championship, 1-3 Dec 2017 di Ancol. Kejuaraan-kejuaraan sebelumnya:

5th Friendly Memory Championship: www.ingatangajah.com/hasil-5th-ifmc

4th Friendly Memory Championship: http://www.ingatangajah.com/galeri-kegiatan-ga-memory-holiday-camp-with-smc

3rd Friendly Memory Championship: http://www.ingatangajah.com/hasil-kejuaraan-3rd-indonesia-friendly-memory-championship

2nd Friendly Memory Championship: http://www.ingatangajah.com/rekor-daya-ingat-fantastis-di-2nd-indonesia-friendly-memory-championship

1st Friendly Memory Championship: http://www.ingatangajah.com/indonesia-friendly-memory-championship-mengasah-daya-ingat-lewat-kompetisi

2nd Indonesia Memory Championship 2016: http://www.ingatangajah.com/pertarungan-daya-ingat-ekstrem-di-2nd-indonesia-memory-championship

1st Indonesia Memory Championship 2014: http://www.ingatangajah.com/event/indonesia-memory-championship/hasil-kejuaraan

Kegiatan ini didukung oleh :

    1. Student Memory Course (SMC) Indonesia

    1. Ikatan Neoroscience Terapan Indonesia

    1. Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi Jaya)

    1. IMERI FK UI

    1. Asia Memory Sports Council

    1. Hi+ Media

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *